Pusat bantuan pencarian singkat masukan kata kunci yang ingin anda pada kolom dibawah lalu klik search
Supported by : Google

Domain Gratis silakan cari nama domain yang akan anda gunakan misal Namablog.co.cc tersebut kemudian daftarkan disini.
Masukan Namablog.co.cc Pada kotak diatas lalu Check availability.

Masalah pada notebook Acer Aspire 4530

Selasa, Februari 10, 2009

Apa semuanya Notebook acer sering bermasalah ??? pengalaman pertama kali waktu acer meluncurkan produk dengan Hdd sata emang agak sulit waktu install windows xp,sebelum saya tahu bisa diakali dengan merubah bios, menggunakan floppy disk atau dengan mencopykan driver sata yang kemudian mengabungkan driver sata dan windows xp lalu diolah dengan software N-Lite lalu di Burn kedalam Cd.
Maka persolan Install Notebook dengan Hdd sata bisa teratasi sudah, jadi kalau mau install windows xp pada type jenis notebook apa saja sudah tidak bermasalah lagi.
Ehhhhhh......... sekarang timbul masalah baru lagi dengan produk Acer Aspire 4530.Masalah yang sering saya temukan sering Blue screen.

spesifikasi Acer Aspire 4530



































Platform Notebook PC
Processor Type AMD Turion X2 Processor
Processor Onboard AMD Turion™ X2 RM-74 (2.2 GHz, Cache 1 MB)
Chipset NVIDIA nForce MCP77MH
Standard Memory 1 GB DDR2 SDRAM PC-5300
Max. Memory 4 GB (2 DIMMs)
Video Type NVIDIA® GeForce® 9100M G
Display Size 14.1" WXGA TFT
Display Max Resolution 1280 x 800
Display Technology CrystalBrite TFT
Audio Type Realtek High Integrated
Speakers Type Integrated
Hard Drive Type 250 GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Drive Type DVD±RW
Modem Integrated 56 kbps
Networking Integrated
Network Speed 10 / 100 / 1000 Mbps
Wireless Network Type Integrated
Wireless Network Protocol IEEE 802.11b, IEEE 802.11g
Wireless Bluetooth Integrated
Keyboard Type QWERTY 82 keys
Input Device Type Touch Pad
Slot Provided ExpressCard/ 54
Card Reader Provided SD, MMC, Memory Stick / Stick PRO, xD-Picture Card
Interface Provided 3x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
O/S Provided Pre-sales Request Available
Battery Type Rechargeable Lithium-ion Battery
Power Supply External AC Adapter
Dimension (WHD) 339 x 39 x 243 mm
Weight 2.40 kgs
Standard Warranty 1-year Limited Warranty by Authorized Distributor
Bundled Peripherals Carrying Case
Others Integrated Acer Crystal Eye webcam

Sudah 2x saya menemukan dengan dengan kasus yang sama tapi agak berbeda sedikit tapi sama² kerusakan "Blue screen" pada Os yang sama Yaitu Windows Vista.

Masalah Yang pertama
Masalah ini saya alami sendiri ada seorang sahabat dengan saudaranya datang kerumah membawa tas, setelah saya persilakan masuk, duduk dan berbincang² baru dia mengutarakan maksud kedatangannya kerumah, ternyata saudaranya membeli notebook Acer Aspire 4530 tapi tanpa os apapun juga,sebetulnya saudaranya minta Os windows yang terbaru yang mau di install pada Notebooknya, tapi berhubung tidak punya Versi Os terbaru maka di install windows xp. Tapi pada waktu instalasi berjalan kendala muncul seolah² Hdd nya tidak dikenali, oleh sebab itu dia bertamu kerumah. Setelah saya jelaskan baru dia tahu letak masalahnya mengapa tidak bisa di install pada Windows xp. Tanpa membuang waktu lagi saya tegaskan jadinya mau pake Os yang apa Os Xp atau Os Vista, weleh weleh ternyata saudaranya yang tiba² yang jawab.
"kan ada yang lebih baru lagi Xp atau vista" tanya Saudara sahabtku
Saya "emang ada yang lebih baru dari itu, tapi masih versi beta, tapi sayang saya tidak punya.Soalnya baru rilis 4 atau 5 bulan lagi" jawab saya seenaknya
Akhrinya diambil jalan tengah²nya yaitu di install Windows Vista saja. Maka tanpa membuang waktu lagi saya ambil Cd software² yang saya punya termasuk Windows Vistanya, setelah selesai installasi windowsnya lalu saya masukan Driver² bawaan notebook acer. Masalah timbul pada waktu install driver Vganya,Owh ya Vganya chipsetnya NVIDIA® GeForce® 9100M G installasi vga berjalan lancar cuma pada waktu minta restar waktu lodading windows vistanya "Blue Screen".Bagi kalian yang mengalami masalah ini anda bisa ikuti langkah² berikut ini :

* Masuk ke safe mode
caranya tekan F8 lalu pilih menu
directory service restore mode (Windows domain controlles only) Lalu restar windows.
kalau semisal masih "Blue Screen" lagi ulangi perintah masuk safe mode tapi kali ini masuk ke menu safe modenya sendiri lalu uninstall driver vganya kemudian restart, tunggu beberapa saat sampai masuk ke desktop menu, installkan kembali driver vga ikuti petujuk selanjutya lalu restart kembali.


Nb kalau semisal masih tetep "Blue Screen" ikuti langkah diatas masuk ke safe mode pilih directory service restore mode (Windows domain controlles only) lalu Restart

Masalah yang kedua
Masalah ini punya tetanggaku sendiri setelah saya cek ternyata cuma pada settingan bios. Pada pengaturan dibios tersebut ada 2 jenis HDD yaitu settingan dengan Hdd Jenis Ide dan satunya lagi Hdd untuk tipe sata, kalau semisal dimasukan ke tipe Hdd sata waktu loading ke windows vista langsung Blue screen kalau dimasukkan pada pilihan Hdd Ide windows Vista jalan normal, tapi masalahnya pada waktu dipake tiba² hang sendiri ya terpaksa dechh dimatikan dengan cara paksa tekan tombol power, tapi lhooo kok blue screen lagi lalu dia menghubungi saya lewat telpon, ternyata setelah dimatikan dengan cara tekan power secara paksa merubah settingan bios ke settingan default. Setelah saya pandu untuk merubah settingan bios dari Hdd sata menjadi settingan Ide Windows menjadi Normal kembali.Sampai sekarang saya belum tahu cara mengatasi masalah ini bagi kalian yang pernah menenukan kasus seperti ini dan sudah menemukan solusinya tolong saling bantu.

  • Share
Upload 100%, Free Unlimited Disk Space, Up to 200 MB per Upload. Makanya segera buruan daftar disini, Gratis!!!

4 komentar

Anonim mengatakan...

Wah saya juga sering mengalami masalah tersebut. saya pake os windows xp sp2 sering blue screen. Tetapi saya belum pernah mengalami blue screen pada os windows vista.

11 April 2009 pukul 01.59
k4m3s3n1n mengatakan...

masalah ini bukan salah kalian tapi memang dari pembuat AMD. Solusinya copy driver sata yang ada di cd driver bawaan acer 4530. driver sata ini ternyata berbeda dengan yang digunakan intel jadinya blue screen terus.

infonya bisa dibaca di sini
k4m3s3n1n.blog.com/3770516

16 April 2009 pukul 07.49
Arief mengatakan...

Nah ntu masalah pada versi biosnya...4530 versi awal masih pake bios versi beta...coba flash biosnya ke versi 1.3334 ato 1.3335 yang terbaru...tmen sy pernah ngalamin masalah ne sblumnya...

2 Juni 2009 pukul 10.08
College In US mengatakan...

what about HDD cant detected on BIOS but if I use USB converter its working normally..
please help me guys..
thanks.

31 Januari 2013 pukul 14.59

Posting Komentar