Pusat bantuan pencarian singkat masukan kata kunci yang ingin anda pada kolom dibawah lalu klik search
Supported by : Google

Domain Gratis silakan cari nama domain yang akan anda gunakan misal Namablog.co.cc tersebut kemudian daftarkan disini.
Masukan Namablog.co.cc Pada kotak diatas lalu Check availability.

Tips Troubleshooting Komputer

Sabtu, Januari 03, 2009

Ketika kamu menyalakan komputer kamu di pagi hari atau di kantor, tidak ada respon sama sekali dan mungkin lampu komputer yang biasanya nyala, sekarang tidak. Ini memang hal yang mengesalkan, mungkin tutorial-tips & triks di bawah ini bisa membantu kesuliatan anda :

1. Yang perlu kamu periksa dahulu adalah apakah kabel power di komputer kamu terpasang dengan baik (tidak longgar). Periksalah semua kabel yang menghubungkan komputer, monitor, UPS atau stabilizer, apakah terpasang pada sumber listrik. Bisa jadi juga UPS atau stabilizer kamu rusak kalau tidak ada masalah pada kabel, coba jangan

gunakan UPS atau stabilizer dahulu, lihat apakah komputer kamu menyala.
2. Ingat² dahulu apakah kamu ada melakukan perubahan pada komputer kamu sebelumnya, seperti mengubah voltase power supply, memindahkan komputer atau mengotak-atik bagian dalam komputer, atau mengubah setting BIOS. Kalau ada kembalikan seperti semula atau periksa kembali bagian yang pernah disentuh kamu apakah terpasang dengan benar.
3. Kalau kamu ada mengubah setting BIOS, dan kamu tidak bisa mengubahnya kembali karena komputer tidak ada respon, maka kamu perlu me-reset BIOS secara manual. Baca buku petunjuk Mainboard kamu pada bagian me-reset BIOS. Lakukan dengan benar.
4. Apakah komputer kamu mengeluarkan suara bunyi ‘beep’ panjang atau berulang-ulang?, kalau iya, mungkiin VGA Card atau memori kamu tidak terpasang dengan baik. Cobalah buka penutup casing komputer dan cek dahulu atau cabut pasang VGA Card atau memori bila kamu sudah yakin itu penyebabnya.
5. Coba cek keyboard tekan capslock atau num lock nyala hidup atau ngk kalau nyala hidup berarti kemungkinan VGA atau Monitor yang rusak
6. Kalau semisal tetap masi mati coba buka Chasing lalu Crl-Cmos bios isa lewat Jumper c-mos atau batrey c-mos,kalau masih tetap ngk isa juga coba test batrey c-mosnya masi ada voltasenya atau udah habis voltnya untuk menceknya isa pake multitester atau kalau ngk ada rasakan apke lidah kalau lidah kita terasa kay tersengat berarti batrey tersebut masih ada Voltasenya.
7. Yang terakhkir kalau masi ada masalah sampe ngk isa hidup computernya coba bongkar semuanya kaya mau merakit computer baru lalu bersihkan satu persatu seluruh komponen yang ada pake Kuas kering setelah dirasa ngk ada debu lalu rakit kembali kedalam chasing
8. Coba Cek Power suplay tegangan Voltnya sama atau ngk, biasanya voltase tegangan yang dihasilkan power suplay adalah 12, Volt & 5, volt nilai yang dihasilkan dari tegangan power suplay kalau buat cek voltnya cuma isa memakai multi tester kalau nilai tersebut lebih atau kurang bisanya power suplay bermasalah.

Bila semua hal di atas sudah kamu lakukan, tapi komputer tetap tidak menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komputer kamu. Pada umumnya kerusakan yang mungkin terjadi:

* Kerusakan kalau pada Power Supply (Kerusakan pada listalasi listrik rumah / Stop kontak): bila lampu led komputer tidak menyala sama sekali.

* Kerusakan pada VGA Card, Mainboard & Memori : bila komputer menyala tapi layar monitor gelap. Kerusakan tertentu pada Harddisk bisa menyebabkan juga hal demikian.Solusinya coba bersihkan VGA (Memorry) dengan penghapus pensil atau coba cek ke computer lain atau punyanya teman, saudara atau siapa saja yang kamu kenal untuk memastikan VGA (Memmorry)tersebut benar² rusak atau tidak.
* Kerusakan pada layar monitor (LCD) bila komputer menyala dan ada suara ‘beep’ 1x, lampu Harddisk menyala, dan keyboard tombol Num Lock, Caps Lock atau Scroll Lock ditekan nyala hidup berarti computer tidak rusak melainkan monitornya yang rusak.
* coba ganti batrey C-Mos yang masi baru bisa dibeli ditoko² computer atau toko jam (bilang saja mau beli batu c-mos CR 2032 - 3v merk bebas.Masalah C-Mos ( Batu Batrey biasanya sering terjadi yang menyebabkan Motherboard sering mati disebabkan C-Mos(batrey) Habis dibiarkan terlalu lama bisa mempengaruhi kinerja motherboard mengalami kerusakan yang berpengaruh pada settingan Bios.Jadi pada intinya kalau pas kalau mau menghipupakan computer kita disuruh tekan F1 kemungkinan besar C-Mos(batrey) habis jadi sebaikan matikan computer lalu cek C-Mos(batrey)kalau emang habis sebaiknya langsung ganti.
* komponen motherboad terutama elco rusak terkelupas (disebabkan cairan yang ada didalam elco habis)

Kalau kamu mempunyai cadangan sparepart di atas dan kebetulan kamu memiliki kemampuan untuk memasang komponen tersebut, kamu bisa melakukannya sendiri. Bila tidak sebaiknya hubungi toko komputer atau orang yang ahli di bidang ini.

Bila komputer kamu masih dalam masa garansi sebaiknya hubungi toko yang menjualnya, jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri karena garansi bisa hangus bila kamu melepas komponen tertentu atau segel stiker rusak.

Semoga Tutorial-Tips & Triks ini bisa bermanfaat
selamat mencoba

  • Share
Upload 100%, Free Unlimited Disk Space, Up to 200 MB per Upload. Makanya segera buruan daftar disini, Gratis!!!

0 comments

Posting Komentar